Askep dengan retradasi mental

Retardasi mental adalah kelainan ataua kelemahan jiwa dengan inteligensi yang kurang (subnormal) sejak masa perkembangan (sejak lahir atau sejak masa anak). Biasanya terdapat perkembangan mental yang kurang secara keseluruhan, tetapi gejala yang utama ialah inteligensi yang terbelakang. Retardasi mental disebut juga oligofrenia (oligo: kurang atau sedikit dan fren: jiwa) atau tuna mental (W.F. Maramis, 2005: 386).
Retardasi mental adalah suatu gangguan aksis II, didefinisikan dalam DSM IV TR sebagai:
  1. Fungsi intelektual yang di bawah rata-rata.
  2. Kurangnya perilaku adaptif 
  3. Terjadi sebelum usia 18 tahun. Kriteria retardasi mental dalam DSM IV TR adalah sebagai berikut:

  • Fungsi intelektual secara signifikan berada di bawah rata-rata, IQ kurang dari 70
  • Kurangnya fungsi sosial adaptif dalam minimal dua bidang berikut: Komunikasi, mengurus diri sendiri, kehidupan keluarga, keterampilan interpersonal, penggunaan sumber daya komunitas, kemampuan untuk mengambil keputusan sendiri, keterampilan akademik fungsional, rekreasi, pekerjaan, kesehatan dan keamanan
  • Terjadi sebelum usia 18 tahun.
Retardasi Mental (Mental Retardation/Mentally Retarded) berarti terbelakang mental.  Retardasi mental sering disepadankan dengan istilah-istilah, sebagai berikut:  
  1. Lemah fikiran ( Feeble-minded) 
  2. Terbelakang mental (Mentally Retarded)
  3. Bodoh atau dungu (Idiot) 
  4. Pandir (Imbecile) 
  5. Tolol (Moron) 
  6. Oligofrenia (Oligophrenia) 
  7. Mampu Didik (Educable) 
  8. Mampu Latih (Trainable) 
  9. Ketergantungan penuh (Totally Dependent) atau Butuh Rawat
  10. Mental Subnormal 
  11. Defisit Mental 
  12. Defisit Kognitif 
  13. Cacat Mental 
  14. Defisiensi Mental 
  15. Gangguan Intelektual
KARAKTERISTIK ANAK RETARDASI MENTAL
Karakteristik anak retardasi mental menurut Brown et al, 1991; Wolery & Haring, 1994 pada Exceptional Children, fifth edition, p.485-486, 1996 menyatakan: 
  1. Lamban dalam mempelajari hal-hal yang baru, mempunyai kesulitan dalam mempelajari pengetahuan abstrak atau yang berkaitan, dan selalu cepat lupa apa yang dia pelajari tanpa latihan yang terus menerus.
  2.  Kesulitan dalam menggeneralisasi dan mempelajari hal-hal yang baru.
  3.  Kemampuan bicaranya sangat kurang bagi anak retardasi mental berat.
  4.  Cacat fisik dan perkembangan gerak. Kebanyakan anak denga retardasi mental berat mempunyai ketebatasab dalam gerak fisik, ada yang tidak dapat berjalan, tidak dapat berdiri atau bangun tanpa bantuan. Mereka lambat dalam mengerjakan tugas-tugas yang sangatsederhana, sulit menjangkau sesuatu , dan mendongakkan kepala.
  5. Kurang dalam kemampuan menolong diri sendiri. Sebagian dari anak retardasi mental berat sangat sulit untuk mengurus diri sendiri, seperti: berpakaian, makan, dan mengurus kebersihan diri. Mereka selalu memerlukan latihan khusus untuk mempelajari kemampuan dasar.
  6.  Tingkah laku dan interaksi yang tidak lazim. Anak tunagrahta ringan dapat bermain bersama dengan anak reguler, tetapi anak yang mempunyai retardasi mental berat tidak meakukan hal tersebut. Hal itu mungkin disebabkan kesulitan bagi anak retardasi mental dalam memberikan perhatian terhadap lawan main.
Tingkah laku kurang wajar yang terus menerus. Banyak anak retardasi mental berat bertingkah laku tanpa tujuan yang jelas. Kegiatan mereka seperti ritual, misalnya: memutar-mutar jari di depan wajahnya dan melakukan hal-hal yang membahayakan diri sendiri, misalnya: menggigit diri sendiri, membentur-beturkan kepala, dll.

  1. Etiologi Retradasi Mental
  2. Klasifikasi Retradasi Mental
  3. Manifestasi klinis Retradasi Mental
  4. Pemeriksaan penunjang Retradasi Mental
  5. Pencegahan Retradasi Mental
  6. Komplikasi Retradasi Mental
  7. Daftar Pustaka, Bisa di Download dibawah ini.

9 komentar:

Fix Komputer mengatakan...

thank infonya gan ....

Er'end mengatakan...

Dampak retardasi mental pada anak menyeramkan sekali ya Gan,kasihan bila msampai membenturkan kepalanya sendiri.Nice post,salam kompak dari Papua

Tutorial Blog Terbaru mengatakan...

hi sobat apa kabar? dah lama ne ane gak ada jalan ke sini.

Berhubung domain co.cc dibanned oleh Google dan blog ane salah satunya yang terkena imbasnya, maka ane memberitahukan ke sobat untuk mengganti alamat link ane di blog sobat, dan jika blog ane belum terpasang di sini mohon dipasang kembali (dan kalau bisa pasang di Home Page sob, karena ane juga pasang link sobat di sidebar Home ane)karena blog sobat sudah lama terpasang di blog ane (Silahkan ceck).

Blog ane yang diganti linknya adalah :

semula blog ane yang beralamat http://www.manrengat.co.cc/ (dengan Ancor Text : Man Rengat / Tutorial Blog Terbaru) mohon diganti alamatnya dengan http://mankita.blogspot.com/.

Sentra Edukasi mengatakan...

Blognya 2 ya gan? hehe

Man Rengat mengatakan...

hehehe iyah gan co.cc banned abiezzzz, :malu

makasih atas kerja samanya gan...

sekarang blog ane harus ulang dari nol lagi, cape de

padahal kemaren dah bisa menghasilkan walaupun dikit, hehehe

Obat Stroke Ringan mengatakan...

keren

Obat Diabetes Mellitus Herbal mengatakan...

smoga bermanpaat infonya

Obat Kanker Payudara Alami mengatakan...

makasih gan

Obat Rematik Herbal mengatakan...

etis 18mantapt

GET UPDATE VIA EMAIL
Jika anda ingin berlangganan Asuhan Keperawatan, Kebidanan & Pathway. Silahkan berlangganan via RSS. Isi alamat email anda di bawah ini!!